Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 MingguKetika mengalami kehamilan, tubuh akan memberikan respon tertentu sehingga gejalanya bisa kita identifikasi. Termasuk untuk kehamilan di usia 1 minggu. Pada awal kehamilan ini, tanda-tanda yang ditunjukan hampir sama dengan menstruasi. Hanya saja terdapat perbedaan tertentu yang bisa mengidentifikasikan bahwa tanda tersebut termasuk kehamilan. Bagi pasangan suami-istri sangat penting mengetahui apa saja tanda awal kehamilan di usia awal agar kita bisa lebih tanggap terhadap tindakan selanjutnya.

Biasanya tanda-tanda awalnya terjadi di area perut dan organ payudara wanita. selain itu perubahan mood dan emosi juga bisa diidentifikasi sebagai kehamilan. Hormon estrogen dan progesteron memang sedang berfluktuasi ketika diawal kehamilan sehingga menimbulkan tanda-tanda tertentu. Segera konsultasikan ke dokter adalah langkah tepat untuk tindakan selanjutnya ketika sudah mendapati tanda tersebut. berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai tanda kehamilan di usia 1 minggu.

Berbagai Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

1. Perubahan tekstur payudara
Pada fase kehamilan 1 minggu, terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron secara cepat. Proses perubahan hormon ini meninggalkan tanda khusus salah satunya perubahan payudara yang menjadi lebih lembut. Hal ini juga disebabkan karena payudara menahan banyak cairan didalamnya sehingga terasa lebih berat dan peka. Biasanya perubahan tekstur tersebut juga akan dibarengi dengan gejala lainnya.
2. Pendarahan ringan
Banyak yang menyimpulkan bahwa pendarahan ringan menjadi pertanda menstruasi. Namun pendarahan tersebut juga bisa menjadi tanda adanya implantansi. Jika pendarahan karena implantansi warnanya akan lebih cair dengan intensitas yang tidak terlalu banyak. Biasanya akan berhenti dalam kurun 24 jam. Namun jika pendarahan sangat berat disertai rasa pusing, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
3. Mudah lelah
Kelelahan merupakan respon alami akibat perubahan hormon yang tinggi. Dalam kehamilan satu minggu, ibu akan merasa mudah lelah dan sensitif. Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu berbahaya asalkan diimbangi dengan istirahat cukup. Selain itu tidak terlalu berat bekerja juga perlu agar kehamilan lebih lancar dan kondisi pikiran ibu hamil lebih stabil.
4. Suhu tubuh naik
Terjadinya kehamilan juga bisa diidentifikasi melalui suhu tubuh. Suhu basal tubuh akan naik ketika terjadi pembuahan. Hal ini merupakan gejala normal sehingga ibu hamil tidak perlu terlalu panik. Biasanya suhu tubuh akan naik cukup drastis namun tidak dibarengi gejala lainnya karena berbeda dengan demam. Pasca kehamilan, suhu tubuh pun akan normal kembali.
5. Tidak ada tanda akan menstruasi
Tanda kehamilan paling jelas adalah tidak akan mengalami menstruasi. Hal ini berbeda dengan kasus terlambat datang bulan karena pasti akan mengalami menstruasi hanya saja waktunya yang mundur. Kehamilan menyebabkan terjadinya pemberhentian peluruhan sel darah di bagian rahim. Tanda satu ini bisa anda amati jika siklus menstruasi anda teratur.

Itu dia berbagai tanda kehamilan 1 minggu yang bisa kita identifikasi. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat. Semoga bermanfaat.  
Tag : Kehamilan
0 Komentar untuk "Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu"

Back To Top